PCM dan PCA Wonocolo Terapkan Konsep Ramah Lingkungan Pada Pembagian Daging Hewan Kurban

PCM dan PCA Wonocolo Terapkan Konsep Ramah Lingkungan Pada Pembagian Daging Hewan Kurban


Surabaya, lazismuwonocolo.my.idRabu, 28 Juni 2023, Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah' Wonocolo melaksanakan Kurban dengan konsep ramah lingkungan, yang biasanya pembagian daging hewan Kurban menggunakan kantong kresek, kali ini diganti menggunakan besek yang diberi alas daun pepaya dan daun pisang.

PCM dan PCA Wonocolo melaksanakan kegiatan ini atas dasar himbauan dari PP Aisyiyah' yang menyeruhkan agar kurban tahun ini harus menggunakan konsep "Geen Idul Adha".

Mererka berpendapat bahwa himbauan ini cukup bagus untuk dilaksanakan, mengingat limbah kantong kresek pada setiap hari Raya Idul Adha selalu meningkat pesat, dan ini sangat mengancam lingkungan, apa lagi jika dibuang secara sembarangan.

Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah' Wonocolo pada Qurban Idul Adha tahun ini memiliki tagline "Berqurban Syar'i, Lingkunganku Asri, Bumiku Lestari".

Wakil Ketua PCA Wonocolo, Lina Maisari menjelaskan, pada penyembelihan hewan kurban tahun ini, PCA Wonocolo tidak menggunakan tas plastik lagi untuk membungkus daging kurban. Imbaunya, Kamis (29/6).

“Untuk menunjang aksi tersebut, kami berupaya mencari besek, daun pepaya, dan pelepah pisang untuk proses mulai awal penyembelihan sampai pendistribusian ke masyarakat. Tanpa penggunaan plastik sama sekali,” tegasnya. “Kenapa harus daun papaya? Karena daun pepaya mengandung enzim papain yang bisa membuat serat-serat protein pada daging jadi lebih lunak,” imbuh Maisari.

Lina juga menjelaskan, Alhamdulillah jumlah hewan kurban  pada tahun ini mengalami peningkatan, yang pada tahun lalu kita hanya berkurban 3 ekor sapi, namun pada tahun ini kita bisa berkurban sebanyak 4 ekor sapi dan 21 ekor kambing.

Kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan oleh PCM dan PCA saja, namun semua ortom seperti PC PM, PC NA, IMM, Tapak Suci, Takmir Masjid Faskho dan Lazismu juga ikut ambil bagian untuk mensukseskan Kurban ramah lingkungan ini. (Juki)

0 Response to "PCM dan PCA Wonocolo Terapkan Konsep Ramah Lingkungan Pada Pembagian Daging Hewan Kurban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel